Daftar Tempat Tempat Pariwiisata Di Wonosobo



Kota Wonosobo merupakan tujuan wisata yang tak kalah menarik dari tempat-tempat wisata lainnya.

Kota ini terletak di dataran tinggi pulau Jawa dan diapit oleh dua buah gunung yaitu gunung Sindoro dan Sumbing. Kabupaten Wonosobo letaknya berbatasan dengan kabupaten Temanggung yang juga memiliki banyak tempat wisata. Tempat wisata di Wonosobo antara lain:
1. Pemandian Air Panas Kalianget



Pemandian Air Panas Kalianget dikenal dengan tempat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Di tempat ini juga tersedia lapangan tenis dan arena bermain anak-anak. Lokasinya sekitar 10 menit dari Kota Wonosobo.
2. Telaga Warna



Tempat wisata yang kedua yaitu Telaga Warna, tempat wisata ini merupakan tempat yang terkenal hingga ke mancanegara.

Dinamakan telaga warna karena telaganya dapat berubah warna mulai dari biru laut hingga warna hijau dan putih kekuningan. Telaga ini terletak di desa Dieng kecamatan Kejajaran Wonosobo.
3. Waduk Wadaslintang


Selanjutnya adalah Waduk Wadaslintang yang dikenal sebagai tempat pemancingan dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Lokasinya di Kecamatan Wadaslintang kota Wonosobo.
4. Air Terjun Sikarim


Tempat wisata di Wonosobo berikutnya yaitu Air Terjun Sikarim. Ini adalah objek wisata alam yang ada di desa Sembugan.

Air Terjun ini setinggi 100 m dan dikelilingi hutan pakis dengan aneka tumbuhan alami lainnya.
5. Curug Winong



Sumber: Google

Ini merupakan objek wisata dengan curug yang menakjubkan di hutan yang sangat luas. Lokasinya terletak di desa Winongsari kecamatan Kaliwiro Wonosobo.
6. Bukit Sikunir



Sumber: Google

Bukit Sikunir merupakan tempat wisata alam yang memiliki ketinggian sekitar 2.200 mdpl. Bukit ini banyak diburu wisatawan yang ketagihan menyaksikan sunrise.
7. Sumur Jalatunda


Sumber: Google

Ini merupakan lokasi rekreasi menarik selanjutnya. Sumur Jalatunda terletak di desa Pakasiran kecamatan Bantur kabupaten Banjarnegara tepatnya sekitar 12 km dari lokasi utama di Dieng. Sumur Jalatunda awalnya adalah ceruk rekahan kawah yang akhirnya digenangi air berdiameter 90 meter dan kedalamannya lebih dari 200 meter.

Karena adanya air yang menggenang tersebut ceruk terlihat seperti sumur. Para wisatawan harus menaikai 257 anak tangga untuk mencapai sumur Jalatunda tersebut.

Berdasarkan mitos masyarakat setempat, barang siapa yang bisa melempar kerikil dari seberang sumur sampai ke seberang yang berlawanan, maka semua harapannya dapat terkabul. Oleh sebab itu, ketika wisatawan mengunjungi sumur tersebut, ada banyak penjual kerikil di sana. Harga batu kerikil tersebut sekitar 500 rupiah. Banyak para wisatawan mencoba melempar batu tersebut untuk mengetahui nasibnya ke depan.
8. Kawah Dieng



Sumber: Google

Kawah yang ada di Dieng juga merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Wonosobo. Kawah ini disebut sebagai Kawah Sikidang. Lokasinya di wilayah sebelah timur.
9. Candi di Dieng



Sumber: Google

Di daerah Dieng terdapat candi yang disebut sebagai Candi Dieng. Candi-candi yang ada di Dieng diberi nama seperti tokoh Mahabarata seperti Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Gatot Kaca, Candi Srikandi, dan lain-lain.

Modelnya mengikuti bentuk candi yang ada di India dengan berbagai ciri khas arca serta relief untuk hiasan candi.
10. Telaga Cebong Dieng



Sumber: Google

Tempat wisata di Wonosobo yang terakhir adalah Telaga Cebong Dieng. Tempat wisata ini merupakan telaga di atas awan dengan ketinggian 2.300 mdpl yang letaknya di Desa Sembungan.

Telaga Cebong merupakan harmoni alam yang sangat indah dan dapat ditemukan di kawasan wisata Dieng Wonosobo. Tempat ini biasanya juga dijadikan sebagai tempat berkemah.

Romeltea Media
Berbagi Informasi Updated at:

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top