Tempat Wisata di Malaysia yang Paling Populer

Tempat Wisata di Malaysia yang Paling Populer


Malaysia sebagai salah satu negara di Asia Tenggara rupanya menjadi destinasi liburan yang seru selain Singapura. Banyak juga masyarakat tanah air yang memilih untuk berjalan-jalan dan berkeliling Malaysia ketika masa liburan datang karena cukup dekat dengan Indonesia. Hal tersebut dikarenakan adanya beragam tempat wisata di Malaysia yang sangat komplit untuk memuaskan waktu liburan para wisatawannya.


Lake Garden

Wisata alam yang pas untuk berlibur bersama keluarga adalah Taman Tasik Perdana atau yang juga dikenal sebagai Lake Garden. Taman yang berada di tengah-tengah pusat kota Kuala Lumpur ini begitu besar dengan luas lahan sekitar 91 hektar lebih dan terbilang sangat terkenal. Ada bermacam-macam obyek wisata yang bisa dinikmati selama berada di taman ini, seperti misalnya monumen nasional, taman kembang sepatu, taman anggrek, dan taman rusa serta masih banyak yang lainnya.

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini adalah menyewa sepeda dan berkeliling taman dengan mengendarai sepeda tersebut. Taman ini merupakan lokasi untuk menenangkan diri karena atmosfernya yang begitu damai dan menyenangkan.
Pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya untuk dapat mengunjungi Lake Garden beserta obyek-obyek lain di dalamnya.
Lake Garden buka dan menerima pengunjung mulai dari jam 9 pagi hingga 6 petang setiap harinya.
Taman rusa menerima pengunjung dari hari Senin hingga Kamis dengan jam operasional dari 10 pagi sampai 12 siang dan dilanjutkan dari jam 2 siang hingga 6 petang. Kemudian khusus di hari Jumat taman ini buka dari jam 10 pagi hingga 12 siang dan disambung lagi pada jam 3 hingga 6 petang. Hari Sabtu dan Minggu pun juga melayani wisatawan dari jam 10 pagi sampai 6 petang.


Jalan Alor

Bagi yang senang jalan-jalan sekaligus icip-icip makanan, tempat seru untuk dijajah adalah Jalan Alor yang memang paling ramai pada malam hari. Setelah seharian berjalan-jalan, pasti malamnya ingin makan yang enak-enak, maka silakan langsung datang ke surganya penggemar kuliner ini.

Jalan ini ada di kota Kuala Lumpur dan menjadi salah satu tempat wisata terkenal yang menawarkan beraneka ragam jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang bakal membuat perut kenyang setengah mati. Cita rasa dari makanan-makanan tersebut juga tidak usah diragukan lagi karena semuanya nikmat di lidah. Bagi yang ingin menikmati seafood, tanya dulu ke sang penjual tentang harganya dan cobalah untuk melakukan negosiasi harga sebelum order makanan.


KL Bird Park

Taman Burung Kuala Lumpur ini bisa menjadi lokasi wisata terasyik bagi para pecinta burung. Segala jenis burung ada di tempat ini karena memang taman ini bukan hanya sekadar mengoleksi dan mempertunjukkannya kepada khalayak, melainkan KL Bird Park juga menjadi tempat penangkaran burung. Tempat ini begitu pas untuk liburan bersama anak-anak. Tidak hanya bisa melihat-lihat burung yang ada, pengunjung juga diperbolehkan untuk memberi makan burung-burung yang ada.
Pengunjung dewasa dikenakan biaya RM 50 atau sekitar 160 ribu, sedangkan pengunjung anak-anak dengan usia antara 3-11 tahun dikenakan biaya RM 41 atau sekitar Rp 131 ribu.
KL Bird Park mulai buka dan melayani pengunjung pada jam 9 pagi setiap harinya dan tutup pada jam 6 petang. Bahkan taman ini tetap buka di hari libur nasional sekalipun.


Menara Kembar Petronas

Wisata yang seharusnya sama sekali tidak dilewatkan adalah Menara Kembar Petronas yang sudah terkenal di seluruh dunia. Obyek wisata andalan Malaysia salah satunya adalah menara kembar satu ini dan dengan lokasinya yang berada di Kuala Lumpur, maka tidak akan sulit untuk menjangkaunya. Bangunan yang menakjubkan ini benar-benar megah dan di dalam gedung ini pengunjung dapat menemukan gedung bioskop berikut mall untuk berbelanja setelah menonton misalnya.

Pada waktu liburan bersiaplah mengantre dari pagi karena jika datang kesiangan maka jangan kecewa karena Anda bisa-bisa kehilangan kesempatan untuk masuk dan naik ke menara ini. Waktu paling baik untuk bisa berfoto ria adalah sebelum jam 7 pagi dan bila ingin hasil foto lebih bagus, silakan berfoto pada malam hari karena segala kilau cahaya akan dapat diabadikan.
Menara Kembar Petronas buka dari hari Selasa hingga Minggu yang artinya setiap Senin menara ini akan tutup. Jam kunjungan adalah dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Khusus pada hari Jumat, pelayanan tutup dari jam 1 siang hingga setengah 3 siang.
Pengunjung dewasa dikenakan biaya RM 84.80 atau sekitar Rp 271 ribu, sementara untuk pengunjung anak-anak dikenakan RM 31.80 atau sekitar Rp 102 ribu.


Kuala Lumpur City Gallery

Jika sempat ke Kuala Lumpur, jangan lupa untuk mengunjungi Kuala Lumpur City Gallery yang merupakan sebuah tempat yang dianggap surganya para pecinta seni. Dari nama bangunannya, kita tentu dapat menebak bahwa tempat ini adalah sebuah gedung seni yang lokasinya pun cukup mudah dijangkau. Galeri yang bisa dikatakan tidaklah jauh dari Lapangan Merdeka ini memiliki sebuah ikon yang sangat terkenal dan menjadi tempat foto banyak wisatawan, yakni I Love KL. Masuk ke bagian dalam gedungnya, pengunjung akan terkagum akan ruangan yang diberi pencahayaan apik, ditambah wisatawan juga bisa melihat miniatur kota Kuala Lumpur dan menyaksikan video berisi tentang Kuala Lumpur.
Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk ke galeri.
Kuala Lumpur City Gallery buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 petang.


Museum Kesenian Islam

Wisata religi dan seni bisa dilakukan secara bersamaan bila datang ke Kuala Lumpur, Malaysia, yaitu tepatnya di Museum Kesenian Islam. Ramainya museum ini bukan hanya karena memang mudah dijangkau dengan letaknya yang ada di jantung kota, melainkan juga karena ada bermacam-macam sejarah peradaban Islam yang bisa ditemukan di gedung museum ini. Ada 3 lantai yang bisa pengunjung jelajahi di Museum Kesenian Islam dan di sinilah segala peninggalan berbau Islam dan sejarah mengenai Islam di dunia dan Malaysia bisa dilihat.
sponsored links
Museum Kesenian Islam melayani pengunjung setiap hari dari jam 10 pagi hingga 6 petang termasuk saat hari liburan nasional.
Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar RM 14 atau sekitar Rp 45 ribu, sedangkan pelajar dan lansia di atas usia 55 tahun dikenakan RM 7 atau sekitar Rp 22 ribu.
Khusus anak-anak yang berusia 6 tahun ke bawah tidak dikenakan biaya masuk.


Bukit Bintang Walkway atau The Golden Triangle

Satu lagi yang bisa memuaskan para wisatawan dengan hobi makan, yakni Bukit Bintang Walkway. Bila sebelumnya kita memiliki Jalan Alor yang buka memang khusus dikunjungi pada malam hari, untuk siang harinya tempat ini bisa menjadi lokasi kuliner asyik sebab segala macam makanan ada di sini.

Bukit ini begitu ramai dan cukup terkenal di kalangan para wisatawan, karena selain icip-icip makanan dan minuman wisatawan bisa berbelanja sepuasnya. Banyak mall berjejer di lokasi ini dan barang-barang branded-lah yang dijual, tapi tidak jarang barang-barang tersebut ditawarkan dengan 
diskon khusus.


Jembatan Putrajaya

Sebuah jembatan pun bisa menjadi tempat wisata seru di Malaysia dan Jembatan Putrajaya bukanlah sembarang jembatan. Jembatan ini merupakan sebuah mahakarya seni yang membuat semua orang terkagum sebab dibangun dengan lampu-lampu menarik yang dipadukan secara sempurna dan cantik. Jika ingin mengunjungi jembatan ini, disarankan pengunjung datang pada malam hari karena akan lebih indah momen yang bisa diabadikan.

Jembatan yang lokasinya bisa ditemukan di kawasan kompleks Putrajaya yang dikenal sebagai area pemerintahan Malaysia ini memiliki konsep bangunan yang sangat Islami. Bila mencari lokasi ini dengan bertanya pada warga sekitar, gunakan nama Jambatan Putra agar lebih mudah mendapat panduan. Jembatan ini berada di atas sebuah danau bernama Putrajaya yang luasnya sampai 650 hektar.
Ambil tur wisata kalau ingin menelusuri Jembatan Putrajaya yang hanya perlu membayar RM 1 atau sekitar Rp 3.200.
Tur wisata ini tersedia di setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu jam 11 siang atau 3 sore 
masing-masing memakan waktu 2 jam.


Alun-alun Berjaya

Obyek wisata di Kuala Lumpur seakan tidak terkira dan Alun-alun Berjaya merupakan pilihan obyek pariwisata lainnya yang bisa dinikmati secara nyaman oleh para wisatawan yang berlibur bersama keluarga maupun sahabat. Inilah tempat hangout yang asyik karena alun-alun di Malaysia satu ini berbeda dari alun-alun yang ada di Indonesia. Mungkin di benak kita, alun-alun adalah sebuah lapangan besar terbuka nan hijau di mana selalu ada sejumlah pohon beringin dan rerumputan.

Khusus untuk alun-alun yang ada di Kuala Lumpur ini dikenal dengan sebuah gedung mall berukuran besar yang memiliki sejumlah tempat makan, tempat bermain anak-anak dan bioskop. Para pengunjung juga jelas bisa berbelanja sepuasnya di dalam bangunan ini. Banyak barang ditawarkan di dalam gedung sehingga wisatawan bisa cuci mata sekalian ber-shopping ria.


Chinatown

Para wisatawan yang mencari spot terbaik di Malaysia untuk puas berbelanja, ada Chinatown yang terletak di Jalan Petaling yang menjajakan beragam jenis barang dengan harga miring. Belanja dan icip-icip makanan bisa dilakukan semua di tempat ini, apalagi makanan ringan.

Macam-macam makanan ringan seperti kacang-kacangan bisa dibeli di Chinatown dan dapat juga dijadikan sebagai oleh-oleh, seperti misalnya kwaci, pistachio dan segala jenis olahan kacang lainnya, bahkan termasuk coklat pun tersedia di sana. Selain makanan, ada banyak penjual aksesoris, baju serta souvenir khas Malaysia yang bisa dibeli.


Thean Hou Temple

Berwisata kuil di Malaysia tentu kurang lengkap bila belum berkunjung ke kuil tua yang ada di ibukota Malaysia ini. Thean Hou adalah sebuah kuil yang dalamnya begitu luas dan banyak tempat yang bisa dijadikan lokasi berfoto ria. Jangan takut jika selama berkeliling Anda tiba-tiba merasa lapar karena di bagian basement kuil terdapat sebuah tempat makan. Tempat makan tersebut letaknya tidaklah jauh dari toko yang menjual peralatan sembahyang dan souvenir.

Kebanyakan makanan yang dijajakan di tempat makan basement tersebut adalah makanan khusus untuk vegetarian, jadi bagi yang ingin mengicipi makanan ala vegetarian bisa mencobanya. Untuk menuju ke kuil ini dari Menara Kembar Petronas sebetulnya tidaklah begitu jauh, hanya menempuh jarang sejauh beberapa ratus meter saja Anda sudah sampai. Bagi para umat Buddhis di Indonesia yang ingin berlibur di Malaysia, kuil ini sangat layak disambangi karena sangat bersih dan terawat dengan baik.


Brickfields atau Little India

Kalau biasanya kita mengetahui dan lebih familiar dengan Little India milik Singapura, kali ini yang akan kita bahas tentunya adalah Little India yang ada di Malaysia. Malaysia mempunyai Brickfields yang menjadi surga belanja dan kuliner khas India. Tempat ini pada umumnya adalah lokasi berkumpulnya banyak komunitas keturunan India yang hidup dan tinggal di Malaysia.

Yang suka mengoleksi barang-barang khas India bisa langsung datang ke sini karena ada banyak toko yang menjualnya. Makanan dan minuman khas India juga tersedia, termasuk jajanan kaki lima yang akan muncul tepatnya di malam hari.


Lake Symphony

Wisata yang juga akan menyempurnakan liburan Anda selama di Malaysia adalah Lake Symphony di mana disarankan bagi para pengunjung untuk datang di saat menjelang petang atau malam. Suasana yang lebih meriah akan terlihat di akhir pekan karena lebih banyak pengunjung yang datang. Kesejukan hawa di sekitar area ini begitu menyenangkan sehingga tidak akan masalah bila datang lebih awal dan menunggu hingga pertunjukan dimulai sambil duduk-duduk di sana.

Pertunjukan cahaya adalah daya tarik dari lokasi wisata ini, apalagi cahaya-cahaya yang dimainkan ditemani dengan sejumlah lagu yang mengiringi. Datanglah lebih awal sebelum pertunjukan dimulai agar Anda memiliki waktu untuk memilih spot paling baik demi mendapat tontonan tersebut secara nyaman.


Rumah Penghulu Abu Seman

Ini di salah satu bangunan rumah tradisional di Malaysia yang paling tua karena memang dibangun dari tahun 1901 dan 1930-an. Lokasi aslinya adalah di Kampung Sungai Kechil yang diketahui berada di daerah utara Peninsula. Karena merupakan bangunan tua, maka Badan Warisan Malaysia telah mengambil langkah penting dengan merelokasinya di tahun 1996 sampai 1997. Di lokasi wisata ini jugalah para wisatawan bisa secara puas melihat-lihat berbagai keunikan souvenir dan mendapatkan wawasan lebih banyak akan budaya serta sejarah sebuah bangsa.
Pengunjung bisa mendapatkan panduan dengan mengikuti tur yang sudah disediakan untuk mengenal lebih dekat Rumah Penghulu Abu Seman, mulai dari pengetahuan tentang rumah dan gaya hidup yang berdurasi sekitar 40 menit dengan video 20 menit yang opsional.
Rumah ini terbuka bagi pengunjung, khususnya dari hari Senin hingga Sabtu dari jam 11 siang hingga 3 sore. Rumah akan tutup setiap hari libur nasional dan hari Minggu.


Batu Caves

Banyak wisatawan yang pergi ke Malaysia dan selalu mengabadikan momen di depan sebuah patung besar di Batu Caves. Untuk berkunjung ke tempat ini tidaklah sulit karena memang hanya kurang lebih 13 kilometer di sisi utara ibukota Malaysia. Tidak hanya umat Buddha saja yang bisa mengunjungi kuil Buddha, tapi para umat Hindu Indonesia yang ke Malaysia dapat mendatangi Batu Caves.

Batu Caves merupakan sebuah spot suci bagi para umat beragama Hindu yang berada di Kuala Lumpur dan untuk memasuki kawasan wisata ini para wisatawan tidak perlu merogoh kocek untuk tiket masuk sebab digratiskan. Walau merupakan tempat suci, ini adalah sebuah obyek wisata yang boleh dikunjungi siapa saja. Namun, bersiaplah untuk kelelahan karena ada sekitar 272 buah anak tangga yang lumayan terjal sehingga harus berhati-hati dalam melangkah.

Keunikan pada anak tangga tersebut adalah adanya angka di setiap anak tangganya sehingga para pengunjung yang melewati tangga tersebut bakal mengetahui dengan mudah sudah mencapai anak tangga ke berapa. Secara otomatis, dengan melihat angka-angka tersebut para pengunjung akan melupakan rasa lelahnya karena akan makin termotivasi untuk melanjutkan jalan naik tangga. Selain dari tangga, cukup banyak monyet yang berkeliaran dan berupaya mengambil makanan para pengunjung sehingga wajib berwaspada.


Masjid Jamek

Tepat berada di Jalan Tun Terak, para wisatawan yang haus akan wisata religi bisa datang ke Masjid Jamek dan beribadah di tempat ini. Untuk dapat masuk ke dalam masjid, para pengunjung bisa masuk tanpa membayar berapapun sehingga langsung masuk saja, beribadah, dan kemudian dilanjutkan dengan berfoto-foto selama di dalam. Bila ingin mendapatkan pemandangan yang lebih baik, datanglah saat waktu sudah gelap sebab cahaya dari gedung masjid akan muncul dan menarik perhatian kita. Masjid ini boleh dibilang termasuk di dalam obyek pariwisata populer di Malaysia karena menjadi bagian dari sejarah Kuala Lumpur dan sejarah Islam di ibukota terserbut. Jadi, bisa dibayangkan betapa besarnya nilai histori dari gedung ini.
Masjid Jamek buka setiap hari dan menerima pengunjung dari jam 9 pagi hingga 5 sore.
Hindari jam kunjungan pada hari Jumat di jam 12.15 sampai 2.45 karena waktu tersebut adalah waktunya beribadah, kecuali bila memang ingin ikut beribadah sekalian.


Merdeka Square

Wisata lainnya yang sangat asyik untuk dikunjungi, apalagi oleh para pengunjung yang suka berfoto adalah Merdeka Square. Di kompleks ini Anda akan menemukan banyak gedung tua yang merupakan peninggalan sejarah. Beragam jenis bangunan ada di tempat ini dan untuk mencapai kawasan Merdeka Square, Anda bisa mengendarai taksi. Ada museum yang juga bisa disambangi tanpa harus membayar tiket masuk. Kalau mengunjungi tempat ini pada siang hari, disarankan agar para pengunjung tidak lupa membawa topi atau payung karena cuaca di sekitarnya begitu panas. Ini adalah kawasan terbuka yang luas sehingga wisatawan pasti akan menyukainya.Sponsors Link

Sri Mahamariamman

Obyek wisata satu ini adalah sebuah situs keagamaan para umat beragama Hindu. Jadi, selain dari Batu Caves, Sri Mahamariamman ini bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata sejarah dan religi. Berada di pusat ibukota, wisatawan bisa dengan mudah menjangkau tempat ini karena letaknya tidaklah jauh dari Chinatown. Kuil ini merupakan sebuah tempat di mana segala arsitektur yang rumit diperlihatkan dan dapat diabadikan. Atraksi di sekitar kuil ini adalah Jalan Petaling yang merupakan sebuah night & day market dan Merdeka Square.
Pengunjung memang tidak perlu membayar tiket masuk, namun khusus bagi yang ingin menyimpan sepatu di tempat yang aman saat memasuki wilayah kuil, harus merogoh beberapa Ringgit Malaysia untuk membayar. Hal ini disebabkan para pengunjung dilarang masuk bila tidak melepas alas kaki.
Sri Mahamariamman buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai setengah 9 malam (pada hari Sabtu sampai jam 9 malam dan pada hari Jumat sampai jam setengah 10 malam).
Pada perayaan festival, jam operasional dari kuil ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Selengkapnya : http://tempatwisataunik.com/wisata-dunia/wisata-asia/malaysia/tempat-wisata-di-malaysia

Romeltea Media
Berbagi Informasi Updated at:

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top