10 Hal Unik yang Belum Diketahui Tentang Bung Karno

Bung Karno
Bung Karno tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah Indonesia
Sebagai warga negara Indonesia, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan Pahlawan Proklamator, yaitu Bung Karno. Selain sebagai pahlawan proklamator Republik Indonesia, keunikan Bung Karno juga menjabat sebagai Presiden pertama bagi Indonesia. Jadi tak mengherankan jika sosok Bung Karno menjadi seorang yang terkenal sebagai pahlawan.
Biografi Bung Karno
Bung Karno adalah seorang pria yang berasal dari Blitar Jawa Timur. Bung Karno merupakan hasil pernikahan dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dengan istrinya yang bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Pada saat kecil, Bung Karno tidak hidup bersama kedua orang tuanya, tapi hidup bersama kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo yang tinggal di Tulungagung Jawa Timur. Selanjutnya ikut bersama dengan kedua orang tuanya yang pindah ke Mojokerto.
Bung Karno melanjutkan sekolah di Eerste Inlandse School yang juga merupakan tempat bekerja ayahnya. Pada tahun 1911 Bung Karno di pindahkan ke Europeesche Lagere School yang mempunyai tingkatan seperti sekolah dasar. Bung Karno sekolah di ELS untuk di siapkan ke sekolah lanjutan yaitu Hogere Burger School. Bung Karno lulus HBS pada tahun 1915. Setelah lulus, Bung Karno kemudian hidup di rumah H.O.S Cokroaminoto yang juga merupakan teman ayahnya.
Bung Karno selanjutnya meneruskan sekolah di Technische Hoogeschool dengan jurusan yang di ambil adalah teknik sipil. Technische Hoogeschool sendiri merupakan cikal bakal berdirinya Institut Teknologi Bandung. Pada Tahun 1921, Bung Karno  menikah dengan anak sulung dari H.O.S Cokroaminoto yang bernama Siti Oetari. Bung Karno lulus dari THB pada tanggal 25 Mei 1926 dengan gelar Insinyur yang di dapatnya.
Semasa hidupnya, Bung Karno juga memiliki hal-hal yang unik yang membuat kita bertanya-tanya tentang kebenarannya. Berikut ini adalah 10 keunikan Bung Karno yang dimilikinya.

1. Suka membaca

Keunikan Bung Karno adalah rajin membaca. Hal ini karena Beliau merupakan salah satu minoritas yang ada di sekolahnya. Ini terjadi karena hanya ada 20 orang Indonesia asli yang sekolah di sekolahan tersebut. Sedangkan yang lainnya adalah orang Belanda. Dia juga merasa bahwa perlu bersaing dengan anak-anak dari penjajah itu.

2. Hobi menonton film

Sebagai salah satu pahlawan Republik Indonesia, keunikan Bung Karno juga memiliki hobi yang cukup menarik. Hobi tersebut adalah menonton film, sudah banyak sekali film yang di tonton oleh Bung Karno. Karena hobi tersebut juga, Bung Karno sampai membuat sebuah ruangan khusus yang hanya di gunakan untuk menonton film.

3. Nama yang berubah sebanyak 3 kali

Keunikan Bung Karno selanjutnya adalah berganti nama sampai 3 kali. Pada awal kelahirannya, Bung Karno di beri nama Koesno Sosrodihardjo yang hampir mirip dengan nama Ayahnya.Nama kepercayaan orang jawa sendiri memang jika seorang anak kecil sering mengalami sakit, maka sebaiknya di ganti namanya. Karena di percaya sakit tersebut terjadi di sebabkan keberatan nama.
Keunikan Bung Karno selanjutnya di ganti namanya menjadi Soekarno yang di ambil dari nama salah satu tokoh pewayangan yang artinya orang yang baik. Pada saat menjabat menjadi presiden republik Indonesia, Bung Karno berubah nama lagi menjadi Sukarno. Ini karena "oe" adalah ejaan yang di wariskan Belanda, sehingga namanya berubah menjadi Sukarno.

4. Memiliki 3 tongkat komando

Keunikan Bung Karno juga dalam menjalankan aktivitasnya sebagai pemimpin negeri ini. Beliau sering kali membawa sebuah tongkat dalam setiap acara penting yang didatanginya. Ada 3 jenis tongkat yang akan selalu di bawa Beliau dalam setiap acara penting. Diantaranya adalah tongkat komando pertama. Tongkat komando pertama ini sering Bung Karno gunakan untuk menjalankan tugas kunjungan ke luar negeri.
Yang kedua adalah tongkat komando kedua yang dimana fungsinya di gunakan pada saat Beliau menghadapi para jenderal. Yang terakhir adalah tongkat komando ketiga. Tongkat komando yang terakhir ini sering beliau gunakan untuk menghadiri acara pidato di depan masyarakat.

5. Pandai bermain Gitar

Keunikan Bung Karno juga di kenal pandai dalam bermain gitar. Semasa hidupnya beliau juga sempat memiliki sebuah grup band untuk menyalurkan bakatnya tersebut.

6. Disukai banyak wanita

Keunikan Bung Karno memang memiliki jiwa yang kharismatik. Jadi tidak heran jika banyak sekali wanita yang menyukai sosok Bung Karno.

7. Di hormati pemimpin negara lain

Keunikan Bung Karno memang sangat terkenal dalam dunia Internasional. Beliau juga berhubungan baik dengan presiden amerika pada saat itu yaitu John F. Kennedy.

8. Terkenal di Negara Barat dengan nama Ahmed Sukarno

Dalam urusan luar negeri nama Sukarno bukan merupakan nama yang utama dari Bung Karno. Banyak negara bagian barat yang menambahkan kata Ahmed sebelum nama Sukarno, sehingga nama Beliau menjadi Ahmed Sukarno.

9. Berbagi rokok dengan pemimpin negara lain

Keunikan Bung Karno dalam kunjungannya keluar negeri juga sempat berbagi rokok dengan pemimpin negara lain. Ini strategi yang sangat unik untuk menjalin hubungan yang baik dengan negara lain.

10. Hobi berteriak

Keunikan Bung Karno memang sangat piawai dalam hal berpidato. Ini tidak lepas dari hobi beliau yaitu berteriak, sehingga pidato yang dilontarkannya menjadi penuh semangat.
- See more at: http://kumpulanilmu.com/10-hal-unik-yang-belum-diketahui-tentang-bung-karno#sthash.JY4IPWox.dpuf

Romeltea Media
Berbagi Informasi Updated at:

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top