Unik! Ada Masjid Berbentuk Kapal Nan Megah di Semarang

Masjid Berbentuk kapal di Semarang

Image result for masjid kapal semarang
Kapal berukuran besar yang dibangun jauh dari pusat kota itu tentu membuat heboh ketika fotonya tersebar di dunia maya. Tapi tentu saja bukan kapal sungguhan, melainkan bangunan masjid yang dibuat seperti kapal lengkap dengan dek bahkan kolam kecil yang mengelilinginya seolah sedang mengapung. Masjid Safinatun Najah ini lebih terkenal sebagai Masjid Kapal Semarang
Lokasi Masjid Kapal

Masjid Kapal Semarang ini berada di Jalan Kyai Padak, Dukuh Padaan, Kelurahan Podorejo. Berbentuk kapal yang sangat besar, lengkap dengan jendela berbentuk bulat, buritan, haluan, dan ciri khas kapal lainnya. Masjid tersebut dinamai Safinatun Najah oleh KH Achmad yang membiayai pembangunannya. Kiai Achmad adalah ulama dari Semarang. Beliau mengajar ilmu agama dan punya rumah di daerah Gendingan, Semarang Tengah.

Akses menuju ‘bahtera Nabi Nuh’ itu memang cukup jauh namum mudah dicapai. Dari Bandara Internasional Ahmad Yani, jalan melewati Pantura ke arah Barat dan berbelok di pasar Jrakah menuju Ngaliyan. Kemudian berbelok ke kanan tepat sebelum Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 A Semarang Kedungpane. Cukup menelusuri jalan sekitar 10 km dan jika mentok bertemu pertigaan, belok kiri menuju Jalan Kyai Padak.

Detai Bangunan Masjid Kapal

Bentuk kapal memang terinspirasi dari kapal atau bahtera milik Nabi Nuh AS. Kaumnya yang suka berbuat maksiat dan lebih suka menyembah berhala yang akhirnya dilaknat Allah SWT dengan banjir besar. Sehingga yang tersisa adalah pengikut Nabi Nuh AS yang mau mengikuti perintah Allah SWT dan selamat setelah naik kapal yang dibuat Nabi Nuh As.

Bangunan dengan luas total 2.500 meter persegi ini berdiri di atas lahan seluas 7,5 hektare. Selain bangunan berbentuk kapal, nantinya akan ada dua bangunan lain. Satu bangunan untuk klinik yang ada di sebelah kiri, dan asrama putri yang ada di belakang bangunan utama. Bangunan tiga lantai dengan panjang 50 meter, lebar 17 meter, dan tinggi 14 meter itu nantinya juga dipergunakan untuk sekolah kejuruan atau pelatihan kerja, klinik kesehatan bagi masyarakat sekitar, dan ballroom.



Bangunan Majid Kapal Semarang dengan enam pintu utama di samping kanan dan kiri ini memiliki 74 jendela berbentuk bulat yang didesain oleh seorang arsitek. Karena berbentuk kapal, dalam pengerjaannya mengalami kendala di bagian tubuh kapal. Bahan yang digunakan adalah batu bata, sementara di sepanjang pinggir bangunan dibuat kolam agar bangunan benar-benar tampak seperti kapal di atas air.

Pasca dibangun, bangunan berbentuk kapal ini banyak dikunjungi warga sekitar untuk berswafoto. Sebab, pemilik membebaskan tempat tersebut untuk warga yang memang ingin menikmati pemandangan yang ada di sekitar. Jika memang akan dijadikan tempat wisata religi, warga berharap ada perbaikan jalan menuju Podorejo. Sebab, jalan yang ada saat ini masih sangat sempit, bahkan jika hujan lumpur menutupi jalan sehingga membuat jalan menjadi licin.


Fasilitas

Selain gedung unik, nantinya akan ada fasilitas klinik dan asrama untuk santriwati di bangunan yang berbeda. Rencananya klinik boleh dimanfaatkan warga sekitar gratis. Pihak yayasan juga ingin bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang agar penanganan medis di klinik bisa maksimal.

Source: Radar Semarang, Detik Travel

Foto Foto masjid Kapal
Image result for masjid kapal semarang

Image result for masjid kapal semarang
Related image

Romeltea Media
Berbagi Informasi Updated at:

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top